,

Kodim 0818 Bersama Perdami Dan Yayasan ISHK Tolaram, Gelar Baksos Operasi Katarak Di RSUD Hasta Brata Batu

5 Sep 2024, 19:37 WIB Last Updated 2024-09-05T13:34:56Z


Infokotabatu.com Kota Batu ; Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 79 dan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu khususnya dalam penanganan operasi katarak. Kodim 0818 Kabupaten Malang - Batu menggelar Baksos operasi katarak bersama Perdamaian Malang Raya dan Yayasan ISHK Tolaram di RSUD Karsa Husada Kota Batu, Kamis ( 5/9/2024 ) pagi. 

Acara baksos sendiri dihadiri dari pimpinan DPRD Kota Batu, Waka Polres Batu, Kajari Kota Batu, Dinkes Kota Batu, Dirut Rumah Sakit Karsa Husada, Kesbangpol Kota Batu, Yayasan ISHK Tolaram,  YPPII Kota Batu, Perdami Malang Raya, RSUD Kanjuruhan, Dinkes Kabupaten Malang, Pengadilan Negeri Kabupaten Malang, Kejkasaan Negeri Kabupaten Malang, Polres Kabupaten Malang.

Menurut Komandan Kodim 0818 Letkol Infanteri Yuda Sancoyo, Baksos dilaksanakan untuk membantu masyarakat kurang mampu.

" Intinya kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu, karena operasi katarak ini bagi sebagian saudara - saudara kita masih merupakan barang yang mewah, tidak bisa semua mengakses operasi kemudian melaksanakan operasi, makanya kita bantu.

Alhamdulillah dengan difasilitasi oleh teman - teman Babinsa, yang di sini hampir sembilan puluh persen masyarakat kurang mampu ", ujar Letkol Infanteri Yuda Sancoyo.

Yuda Sancoyo juga berharap kegiatan baksos dapat dilaksanakan tiap tahun. 

" Harapan kami seperti itu, maka kami Kodim 0818 Kabupaten Malang - Batu sangat mengharapkan kolaborasi dari berbagai pihak khususnya untuk kegiatan - kegiatan sosial ".

Yuda Sancoyo menambahkan untuk masyarakat Kota Batu yang mengalami katarak masih banyak, dan pada baksos kali ini hanya mengalokasikan sebanyak 250 pasien serta terlebih dahulu harus melalui tes screening. 

Baksos operasi katarak digelar dari 5 hingga 6 September, dimana pada hari pertama tercatat 57 orang sedangkan pada hari ke dua tercatat 52 orang dengan total jumlah 109 pasien.

" Sebenarnya peminatnya banyak, tapi yang lulus screening baru segitu, nex time mungkin akan kita coba adakan lagi. Kita lihat jumlah pasien, kalau semakin banyak pasien berarti diperpanjang.

Deluruh pasien merupakan non BPJS, semua biaya operasi dibantu Yayasan ISHK Tolaram dengan garansi 30 hari ", jelasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Program Yayasan ISHK Tolaram Rahmat Stiawan menjelaskan pihaknya bekerjasama dengan Kodim 0818.

" Kerjasama kami dari ISHK Tolaram ini lebih kepada mendukung pelaksanaan kegiatannya, kami menyediakan sumberdaya terutama di bagian keuangannya, dan dibantu oleh teman - teman dari Kodim 0818 ", ungkap Direktur Yayasan ISHK Tolaram.

Rahmat Setiawan menambahkan kegiatan bersama Kodim 0818 ini sudah dilakukan beberapa   

" Ini bukan hal yang pertama buat kami, terkait ke depannya lebih banyak lagi berkolaborasi dengan Kodim 0818.

Di tahun depan Yayasan ISHK Tolaram berencana akan membangun klinik mata di Kota Batu ", jelasnya.